Belajar Ikhlas yuk,,,,,, ^^

2 juni 2009

hari ini entah kenapa semua yang aquw alami menuntut sebuah "keikhlasan",,, Mungkin Allah sedang mengujiku,,, dan Dia tahu titik kelemahan ku,,,, "ikhlas",,,,

betapa susahnya berbuat ikhlas,,,, bukan ikhlas dalam hal materi yang sulit bagi quw,,, tapi justru ikhlas dalam hal "menolong orang lain" ,,, aku tidak tahu kenapa hal itu sulit sekali kulakukan,,, mungkin jika kewajiban menolong itu datang hanya sesekali,,, aku masih bisa rela,,, tapi kalau berkali-kali???? dengan hal yang sama,,,, rutin,,,, aku tidak sanggup,,,,,

ujung-ujungnya,,,, senyumku tak nampak lagi,,, aquw menolong dengan muka masam,,, aku tahu dengan begitu teman yang kutolong pasti akan sakit hati,,, tapi tahukah mereka?? aku juga bosan terus-terusan menolongnya dalam hal yang sama,,,,yang seharusnya merekapun bisa mengerjakannya sendiri,,, tapi kenapa selalu aku???? Astagfirullah,,,, knapa aku begini??? bukankah fitrah manusia itu untuk saling menolong di muka bumi ini??? tapi aku tak pernah bisa,,,, aku harus bagaimana???

beruntunglah aquw mempunyai sahabat yang selalu menasehati dan mengingatkanku saat aku salah,,, ia dengan telaten mengajariku tentang makna sebuah "keikhlasan",,,, kurang lebihnya, beginilah yang ia sampaikan padaku,,,,


Ikhlas berarti membersihkan hati dan niat dari segala sesuatu selain Allah,,,

sedangkan ciri- ciri orang ikhlas antara lain:
  1. Tenang, jangan marah, kecewa dan berkeluh kesah, karena dalam hati orang yang ikhlas hanya ada Allah. Apapun yang terjadi yang tidak sesuai keinginannya tidak menjadikannya kecewa karena hati yakin bahwa inilah yang terbaik yang Allah berikan padanya.
  2. Selalu semangat, cukuplah Allah yang menjadi semangatnya, karena segala sesuatu diniatkan hanya untuk Allah, yaitu untuk mendapatkan ridho Allah sebagai bekal baginya untuk dapat berjumpa dengan Allah yang sangat ia rindukan kelak..
  3. Ringan dan tidak pernah berharap pada manusia, karena sesungguhnya manusia itu tak mampu melakukan apa- apa tanpa izin Allah,,, sebagaimana taka ada sehelai daunpun yang jatuh ke bumi tanpa izin Allah.
  4. Istiqomah dalam melakukan ibadah dan amal kebaikan. Pujian atau celaan orang lain tidak menjadikannya mengurangi atau menambah kualitas amal dan ibadahnya.
  5. Tidak berharap akan pujian dan balasan dari orang lain terhadap kebaikan yang kita lakukan karena cukuplah Allah yang menjadi saksi dan cukuplah hanya mengharap ridhoNya.
  6. Hidupnya penuh dengan dzikir pada Allah karena dia yakin akan pengawasan Allah dan sebagai syukur atas segala karunianya.

Lalu bagaimana cara agar kita bisa ikhlas???

  1. Pahami apa itu ikhlas dan urgensinya
  2. Kenalilah Allah dengan pelajari Asmaul Husna dan artinya
  3. Tingkatkan interaksi dengan Al Quran
  4. Perbanyak amal rahasia
  5. Bercermin di depan kaca, kenali dirimu, lihat tiap- tiap bagian wajah kita, betapa agungnya apa yang telah Allah karuniakan pada kita,,,, sehingga seharusnya setiap kali kita bercermin maka ada samudra dzikir di hati kita atas karuniaNya
  6. Mohon pada Allah agar hati kita selalu dikaruniai keikhlasan,,,, Hasbunallah,,,

Betapa sulitnya belajar untuk ikhlas,,, tapi bukan berarti tidak mungkin,,,,
Bismillah,,,, aku akan berusaha,,,,,

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

1 komentar:

diary indi mengatakan...

Yup. . .
Emg bner susah bgt buat bsa ikhlas menolong org læn. .

Bhkan buat sahabat sndri kL egois. . .

Msalahx khan kdg bukan dr Qta tp dr dy yg trus ngandalin org læn
Bukanx slama qt msh bsa slyakx qt brusaha sndr sblm mNta bntUan?

Ngalah mulu ga perasaan. . .
Gak mau ngambek seharian. . .
Di ingetin tersinggung an. . .

Punya tips buat nyadarin dia, , mbk?

Posting Komentar